9.1.13

Teknik Dasar Belajar Bermain Gitar Akustik


Teknik dasar bermain gitar austik ,sebelum kita belajar tentang ara memeinkan gitar acustik maupun gitar elecktrik maka kita arus tau dulu tentang gitar dan bagian bagianya,Gambar dibawah ini menunjukkan perbedaan bagian-bagian dari sebuah gitar akustik dan gitar listrik/elektrik.
Teknik Dasar Belajar Bermain Gitar Akustik

Apa Itu Gitar?
Gitar adalah alat musik petik yang mempunyai 6 senar dan cara memainkannya dengan di petik . Gitar terbagi menjadi 3 bagian yaitu HEAD atau kepala NECK atau stang dan BODY atau tabung gitar.gitar umunya mempunyai 6 senar pada senar  gitar yang paling bawah disebut senar ke 1  dan senar paling atas disebut senar ke 6.
Senar 1 bernada E
Senar 2 bernada B
Senar 3 bernada G
Senar 4 bernada D
Senar 5 bernada A
Senar 6 bernada e
(hasil suara nada tanpa menekan fert)
Teknik Dasar Belajar Bermain Gitar AkustikTeknik Dasar Belajar Bermain Gitar Akustik
Kolom kolom pada gitar di sebut fert. Fert ke 1 di hitung dari ujung yang paling kiri (bagi left handed dari ujung yang paling kanan).

Setiap fert memiliki nada, berikut susunan nada dalam gitar:
F,F# / Gb,G,G# / Ab,A,A# / Bb,B,C,C# / Db,D,D# / Eb,E,E# / F
ket:A, B, C, D, E, F, G = kunci / nada dasar= naik setengah nada (1 fert) dari nada dasar, di baca is (A# = Ais, C# = Cis)b = turun setengah nada dari nada dasar di baca es (Ab = As, Bb = Bes)m = Minor (Am = Aminor)
Teknik Dasar Belajar Bermain Gitar Akustik
Belajar gitar bisa dilakukan dengan 2 cara, antara lain :
A. Belajar secara otodidak
B. Belajar kepada orang lain yang sudah bisa bermain gitar.

A. Belajar Gitar Dengan cara Otodidak
Langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam belajar gitar secara otodidak yaitu kamu harus  mengenal dan menghafal kunci-kunci dasar seperti A, Am, C, D, Dm dan lainnya.sampai kunci G. untuk mengetahui seperti apa bentuk kunci pada gita silahkan di sini .

Kalau kamu sudah tahu dan hafal tentang kunci-kunci dasar gitar kamu tinggal melatih jari tanganmu mulai misalnya dari kunci C ke Am ke Dm ke G atau kombinasi yang lainnya dan  cobalah nyanyikan beberapa lagu yang gampang chordnya seperti  lagu-lagunya NOAH band atau ST 12 untuk terbiasa dengan kunci-kunci itu, karena jika belum terbiasa jari manismu akan merasa sakit dan  panas di ujung jari. Tapi jangan takut , setelah ujung jarimu sudah mengeras atau kapalan maka kamu tidak akan merasa sakit lagi ketika bermain gitar.
sekian dulu pelajaran gitar kali ini semoga bermanfat.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...